Tuli dan Bahasa Isyarat di Dunia Kerja

Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting dalam interaksi kehidupan sehari-hari. Bahasa tidak hanya dihasilkan menggunakan mulut, namun juga dapat menggunakan isyarat.

Bahasa isyarat merupakan cara komunikasi yang digunakan oleh teman-teman Tuli. Lalu, bagaimana bahasa isyarat di dunia kerja dan bagaimana aksesibilitas dunia kerja bagi para penyandang disabilitas? Berikut uraiannya.

Inklusivitas di Dunia Kerja

Walau pemerintah sudah mengatur hak-hak penyandang disabilitas dalam UU Nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas, namun inklusivitas dalam bidang kesempatan kerja dan ketersediaan aksesibilitas umum masih terbilang cukup terbatas.

Dalam undang-undang tersebut penyedia kerja diwajibkan untuk memberikan kuota sebanyak satu persen bagi penyandang disabilitas. Aturan tersebut diperkuat dengan Undang-Undang Penyandang Disabilitas tahun 2016, yang mana disebutkan bahwa BUMN  diwajibkan untuk memperkerjakan disabilitas paling kecil 2 persen dari seluruh jumlah pekerjanya. Sayangnya, masih banyak perusahaan yang belum mengetahui regulasi tersebut.

Data statistik menunjukkan bahwa persentase tingkat kesadaran perusahaan terhadap UU yang mewajibkan perusahaan untuk memperkerjakan disabilitas masih kurang. Padahal, pencari kerja disabilitas jauh lebih banyak dari lowongan kerja yang tersedia.

Bahasa Isyarat di Dunia Kerja

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahasa merupakan alat komunikasi yang vital, terutama di dalam dunia kerja. Bagi Tuli tentu sangat penting untuk menguasai bahasa isyarat agar dapat berkomunikasi secara lancar. Tidak hanya bagi Tuli, orang-orang non disabilitas pun diharapkan juga bisa menguasai bahasa isyarat.

Sayangnya, penutur bahasa isyarat terbilang masih kecil. Menurut data dari Ethnologue, sebuah lembaga yang meneliti dan mengkaji semua bahasa di dunia. Lembaga tersebut memperkirakan hanya terdapat 0,08 persen dari populasi semua bahasa di dunia. Dapat disimpulkan, penutur bahasa isyarat masih sangat minim.

Bahasa Isyarat dan Sentuhan Teknologi

Seiring dengan berkembangnya zaman, pembelajaran bahasa isyarat juga semakin canggih. Penutur bahasa isyarat yang masih minim menjadi cikal bakal terciptanya sebuah aplikasi berbasis web dan Android yang dibuat untuk memberikan kelonggaran dan kemudahan untuk disabilitas Tuli, yaitu Parakerja

Melalui aplikasi ini, baik disabilitas maupun non disabilitas bisa dengan mudah mendapatkan modul pembelajaran mengenai bahasa isyarat dan kompetensi kerja. Uniknya, terdapat berbagai fitur unggulan yang sangat membantu pengguna untuk mempelajari bahasa isyarat.

Fitur unggulan tersebut bahkan tidak ada di aplikasi yang hampir sejenis seperti Bisindo (Bahasa Isyarat Indonesia). Melalui fitur tersebut pengguna bisa mempelajari bahasa isyarat secara langsung dari Tuli. Bahkan, lengkap dengan isyarat per kata, latihan komunikasi, dan berbagai contoh kalimat.

Selain itu, ada juga fitur konsultasi yang dapat menjawab apa saja pertanyaan mengenai dunia disabilitas sehingga bisa menjadi sumber jawab untuk mendidik anak-anak disabilitas mempelajari bahasa isyarat.

Aplikasi Parakerja juga dibekali dengan fitur tematik yang bisa menjadi media belajar yang kreatif dan inovatif. Media pembelajaran ini bisa digunakan dalam pembelajaran di SLB (Sekolah Luar Biasa).

Tidak lupa, tersemat juga fitur Vokasional yang bisa membantu para disabilitas dalam memasuki dunia kerja. Dalam fitur tersebut, terdapat video-video pembinaan yang mudah untuk dipahami dan aksesibel.

Fokus Utama

Fokus utama dari aplikasi Parakerja ada empat hal, yakni edukasi, aksesibilitas, kreativitas, dan pemberdayaan. Hanya saja, dalam versi awalnya, aplikasi ini fokus pada bahasa isyarat. Hal tersebut dikarenakan bahasa isyarat adalah hal yang paling fundamental dalam kesetaraan dan menjadi aksesibilitas dalam dunia kerja.

Uniknya, tidak hanya memberikan modul pembelajaran, aplikasi ini juga membuka berbagai kesempatan magang dan lowongan pekerjaan untuk penyandang disabilitas serta memberikan sertifikasi keahlian di suatu bidang pekerjaan. Hal tersebut memiliki tujuan supaya para disabilitas mempunyai sebuah legalitas untuk bekerja di sebuah perusahaan yang sesuai dengan keahliannya.

Nah, itu dia ulasan mengenai Tuli dan bahasa isyarat di dunia kerja. Jangan lupa untuk menginstal aplikasi Parakerja di Playstore untuk mendapatkan kemudahan mempelajari bahasa isyarat melalui berbagai fitur unggulannya. Yuk, instal aplikasi Parakerja sekarang juga!